Fajar Ramadhan Telah Tiba, Jelang Hari Menuju Fitri, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1429H, Mohon Maaf Lahir & Bathin

Renungan

Semua amalan anak keturunan Adam bagi dirinya, sedangkan kebaikan dan dibalas sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat, ALLAH SWT berfirman : “kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan aku-lah yang akan membalasnya, ia telah meninggalkan syahwat, makan, serta minumnya hanya karena Aku. Bagi orang yang berpuasa terdapat dua kegembiraan “ kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu dengan Rabb-Nya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa di sisi ALLAH SWT lebih harum dari pada aroma kasturi.” (HR. Muslim).

    Ramadhan adalah bulan yang paling mulia, harinya adalah hari yang paling menyenangkan. Orang-orang shaleh merasakan kerinduan sangat mendalam kepada Ramadhan karena ia jarang berkunjung, lama menghilang, dan ia dating dengan kerinduan. Didalamnya terdapat amal perbuatan berharga dan bernilai pahala disisi ALLAH SWT. Ia bagaikan mutiara yang diperebutkan dan diperlombakan oleh generasi pendahulu kita. Mereka mencurahkan waktu dan tenaga secara optimal dan maksimal guna menggapainy. Seiring berjalannya waktu dan ketidaktahuan terhadap keutamaanya, maka generasi masa kini mengabiakan mutiara agung nan mulia ini. Diantara beberapa mutiara yang terabaikan adalah sebagai berikut :

    * Banyak membaca Al-Qur’an

    Alangkah bahagia dan gembiranya bagi siapa saja yang mendulang pahala emas di bulan Ramadhan dengan banyak membaca kalam ilaahi. Satu huruf darinya dilipat gandakan hingga sepuluh kali lipat. Sungguh pahala dan balasan begitu melimpah dan mengagumkan. Sebagaimana disabdakan oleh Rasullah SAW : “barang siapa yang membaca satu huruf dari Al- Qur’an, maka baginya satu kebaikan, dan setiap satu kebaikan akan dilipat gandakan sepuluh kali lipat.Aku tidak mengatakan Alif lam mim satu huruf, akan tetapi Alif itu satu huruflam itu satuhuruf dan mim itu satu huruf.” Bagaimana bila kita membaca Al-Qur’an satu juz dalam seharinya? Namun, diantara kita ada yang mengabaikan mutiara berharga ini. Ia lebih suka dan senang menghabiskan waktunya untuk menyaksikan televisi, berlebih-lebihan dalam tidur terutama di siang hari, menghamburkan harta dengan membeli berbagai menu makan, minuman, pakaian, perhiasan dan lain-lain.

    * Shadaqoh

    Betapa indah memberi harta kepada orang lain, betapa baik shadaqoh, betapa mulia pemberian. ALLAH SWT memiliki Malaikat senantiasa mendo’akan bagi orang yang bershadaqoh, supaya harta yang ia sumbangkan akan diganti olah-Nya. Ia berkata dengan tulus, “Ya ALLAH berilah orang yang membelanjakan sebagian harta yang ia berikan pasti takkan pernah musnah dan habis. Begitu pula ALLAH kelak memberikan pahala yang berlipat baginya, sebagaimana ALLAH SWT berfirman : “Perumpaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yangmenfkahkan hartanya di jalan ALLAH adalah serupa dengan sebutirbenih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir : seratus biji ALLAH melipat gandakan (balasan) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan ALLAH SWT Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (Q.S Al- Baqarah : 261).

    Dan masih banyak lagi tentunya amal2n baik, yang dapat kita lakukan di bulan Ramadhan.

    Iklan